Bubur Ayamnya Arek Suroboyo

Salah satu hal yang nggak enak dari hidup di tanah rantau adalah, pengen makan-makanan ala kampung halaman yang nggak ada di tanah rantau. Dan salah satu makanan yang suka bikin aku kangen, apalagi waktu nggak enak badan, adalah bubur ayam banten. Tapi sayang, selama berjam-jam aku mencari di google, instagram, dan pinggir jalan, nggak ada satu pun keterangan yang menunjukkan adanya kehadiran bubur ayam banten di Surabaya. Tapi nggak apa-apa, masih ada bubur-bubur lain yang bisa dimakan. Ngomong-ngomong tentang bubur, berikut ini aku pengen berbagi beberapa pengalaman kulinerku dalam mencari bubur.

1.       Bubur Ayam Bandung Mulyorejo
Bubur Ayam ini terletak di lantai dua Wisata Kuliner Mulyorejo. Dengan harga 8000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati bubur dengan porsi yang banyak disertai dengan taburan cakwe, kacang kedelai, ayam dan potongan sayur di atasnya. Bagi saya sih, dengan harganya yang murah dan porsinya yang banyak, bolehlah untuk diberi applause.


2.       Bubur Ayam Jakarta Karang Menjangan
Bubur ayam yang satu ini terletak di karang menjangan, tepat di depan apotik kimia farma. Untuk menikmati bubur ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 8000 rupiah.  Bubur ini dilengkapi dengan taburan ayam, potongan sayur, kacang kedelai, cakwe, dan sedikit potongan telur. Untuk rasa, boleh di adu. Di beberapa bagian, bubur ini terasa asin. Tapi karena kebetulan aku suka asin, maka aku suka.


3.       Bubur Ayam Kalikepiting
Bubur ini bisa kamu temuin di pagi hari di pinggiran Indomaret Kalikepiting. Waktu itu aku makan disini sekitar jam 7 pagi. Lokasinya di pinggir jalan, dengan polusi yang belum terkotori, cukup memberi rasa nyaman untuk melewati pagi. Harga yang dipatok pun terjangkau, hanya 8000 rupiah. Untuk bubur ini, sama seperti bubur bandung sejenisnya, terdapat potongan ayam, cakwe, sayuran, kacang kedelai, dan kerupuk. Dan rasanya enak. Tapi jangan kecewa jika kamu kesana dan outlet-nya tutup, karena beberapa kali aku  kesana, outlet-nya pasti tutup.
4.       Kayungyun Tradisional Food
Ini adalah salah satu tempat makan bubur yang recommended. Katanya, Kayungyun ini mempunyai beberapa cabang, bahkan sampai di Malang. Kayungyun sendiri menyuguhkan beberapa pilihan menu seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur kacang gula merah, bubur ketan hitam, mie instan, dan berbagai jenis minuman. Harganya pun bervariasi dari 3000 – 13000. Kayungyun ini terletak di daerah Keputih, sekitaran kampus ITS. Tempat makan ini bahkan dilengkapi dengan wifi dan tv flat dengan layar lebar. Cocok untuk kamu yang pengen nongkrong bareng sambil makan bubur. Menu favorit aku adalah bubur ayam spesial, bubur ayam dengan berkuah dilengkapi dengan satu butir telur rebus dan taburan ayam, potongan sayur, kacang kedelai, dan bawang goreng, serta satu piring kerupuk.

Daftar menu dan harga di Kayungyun
Bubur ayam spesial + eh tes manis
Itu lah beberapa lokasi bubur ayam yang pernah aku datangi. Sesekali jadi food blogger boleh kali. Hehe. Soalnya aku sendiri sering searching tentang kuliner di Surabaya, jadi gapapa kali kalau ikutan ngerekomendasikan tempat makan yang pernah aku kunjungi, dan sekaligus membantu teman-teman yang pengen cari makanan. Ohya, ngomong-ngomong makanan di atas adalah harga anak kos banget kan? Oke deh, selamat menikmati buburnya!

Comments

  1. Dilaaa, baca ini malam2 jadi ngiler banget secara aku juga suka bubur. Tapi menurutku sih di Samarinda paling the best ttp bubur ayam Samarinda Seberang ah, aku kurang suka bubur banten :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bubur ayam Samarinda Sebrang enak juga, Wid. Tapi aku lebih prefer ke Bubur ayam Banten. Soalnya dari TK suka sarapan disana. Hehe.

      Delete

Post a Comment